Kue Pancong di Solo

Kue Pancong Solo – Sekitar tahun 2015, saya belum pernah tahu dan belum pernah merasakan jajanan yang namanya kue pancong. Saya baru dengar pertama kali nama jajanan ini dari salah satu sepupu dari istri saya, namanya Della. Katanya sih enak dan ngangenin, hingga akhirnya saya pertama kali mencicipi itu dibawain jauh-jauh dari Bekasi, ke Solo. Dingin dong, padahal kue pancong itu enaknya dimakan pas masih anget-angetnya. Kayak pas awal dulu kita baru jadian. (opo sih bos?)

Lihat juga : Jasa Angkut Solo – Sora Logistik

Kue Pancong itu yang gimana?

Beberapa bulan setelah itu saya kesapaian juga makan kue pancong anget langsung di warungnya, di Bekasi sana. Ya, secara kue pancong adalah jajanan khas daerah betawi ya. Nah, mungkin ada yang belum tau kue pancong itu seperti apa? Kue pancong itu kalau saya bilang mirip pukis, gandos, bandros dan lain sejenisnya. Paling mirip dengan pukis sih, bedanya kalau pukis itu cenderung manis dan eggy (kerasa tambahan telur di adonannya). Sedangkan untuk kue pancong ini ada rasa gurih-gurihnya, kemudian diberi topping di atasnya. Penjelasan dari perbedaan lengkapnya ada di bawah ini.

Tautan : Perbedaan Kue Pancong, Rangin, Pukis, Gandos, Bandros

Berawal dari Go Food

4 tahun berlalu, di awal 2019. Saya seperti biasa kalau gabut iseng cari makanan di gofood. Sekedar car-cari jajanan yang baru aja biasanya. Nah, muncul lah salah satu warung kue pancong di solo. Bukan di Solo kota sih, lebih tepatnya di Kartasura. Buat yang masih suka skeptis kalau baca, Kartasura kok Solo? Silakan baca lagi post saya di bawah ini.

Lihat juga : Perbedaan Solo dan Surakarta

Kue Pancong Balap Solo

Kue Pancong di area Solo rekomendasi saya namanya Kue Pancong RR. Untuk harganya hampir sama sih dengan di daerah asalnnya Bekasi. Harganya mulai dari Rp 6.000,-.

Kenapa jadi rekomendasi saya, sebenarnya karena dekat aja dari rumah. Dan ada salah satu varian rasa yang nggak semua warung kue pancong ada. Favorit saya adalah rasa tiramisu, karena manis-manis dengan aroma kopi gitu. Setelah beberapa kali saya pesan lewat aplikasi go food, biasanya kalau makanannya recommended saya iseng mampir ke warungnya buat nyoba dine in.

Pas saya iseng mampir di Kue Pacong RR ini, ternyata warungnya nggak seperti warung pancong balap kaya di betawi sana. Cuma booth kecil aja di depan sebuah counter. Saya sih nggak masalah, merintis usaha dari awal memang begitu. Cuman kalau konsepnya booth berarti kita nggak isa makan di tempat, cuma melayani take away aja.

Varian Rasa dan Harga Kue Pancong Solo

  • Tiramisu (recommended) harga Rp 6.000,-
  • Keju (recommended) harga Rp 6.000,-
  • Cokelat harga Rp 6.000,-
  • Cokelat Keju harga Rp 7.000,-
  • Green Tea harga Rp 6.000,-
  • dll, ada beberapa rasa bisa dimix.

Tips jajan Kue Pancong

Usut punya usut, ternyata kue pancong solo RR ini bukan warung kue pancong pertama di Solo. Sebelumnya sudah ada beberapa warung di sekitaran UMS alias Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tapi sayangnya baru di kue pancong RR ini ada rasa tiramisu. Sedikit tips buat kamu yang baru mau nyobaon kue pancong solo. Kakau menurutku kue pancong itu paling enak dimakan dengan tingkat kematangan 3/4 matang. Jadi kue nya nggak kering dan masih ada lembut-lembutnya. Nah, kamu juga bisa pesan 1/2 matang yang masih lumer-lumer gitu. Tapi kalau saya lebih suka agak matang tapi nggak terlalu kering.

Itu aja sih ulasan yang kurang berfaedah tentang kue pancong yang ada di sekitarang Solo. Silakan dicicipi, bisa dicari di aplikasi ojol namanya kue pancong RR.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *